Minggu, 28 Mei 2017

Tips Menghadapi Bayi Demam

Bagi ibu-ibu muda seperti saya begini, menghadapi anak demam tinggi dengan suhu 38,9°C itu bikin risau dan panik. Bagaimana tidak, anak nya rewel minta ampun… nagisnya ngak henti-henti. Belum lagi batuk dan pilek yang mengakibatkan susah bernafas. Ditambah lagi kita tinggal dikontrakan. Berasa banget kan risaunya…..
Sekalipun begitu, sebelumnya saya sudah mencari informasi bagaimana menghadapi anak demam tinggi. Minimal kita masih bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada didapur. Berikut hal sederhana yang saya lakukan untuk pertolongan pertama menghadapi anak demam…



1.       Selalu pantau suhu anak
Penting banget kita punya termometer dirumah. Jadi ketika anak demam kita sudah siap untuk memantau suhu badannya secara berkala. Saya kemaren sekali satu jam cek suhu badan hamizan, sampai lah suhu badannya 38,9°C. Setelah tahu suhu badannya kita bisa mengambil tindakan yang tepat untuk anak.


2.       Balurkan minyak yang ditambah bawang putih dan bawang merah
Ketika demam saya membalurkan keseluruh badan anak bawang putih dan bawang merah yang sudah dicampur dengan minyak goreng serta minyak kayu putih. Ini resep tradisional dari orang tua untuk menghadapi anak demam. Lumayan, ini resep mujarab juga. Suhu hamizan sempat turun menjadi 37,8°C awalnya.

3.       Memberikan obat demam anak
Saya menyediakan obat demam yang berupa sirup di rumah, ini bisa jadi langkah awal untuk menghadapi anak demam. Ketika tidak membaik dalam jangka waktu 3 hari, lebih baik dikonsultasikan ke dokter. Tetapi kemaren saya karena suhunya sudah diatas normal, ya…. Langsung kedokter aja untuk tindakan lebih tepatnya.

4.       Berikan anak baju tipis
Saya memberikan hamizan baju yang tipis saja dan tidak menyelimutkannya ketika tidur dengan suhu tubuh yang tinggi. Karena menurut ilmu kesehatan ini yang lebih baik bagi orang yang demam, agar panas tubuhnya keluar.

5.       Berikan ASI sesering mungkin
Berhubung hamizan masih ASI dan lagi mogok makan, maka saya memberikannya ASI lebih sering dan air putih.

6.       Dekap anak dalam pelukan ayah atau ibu
Nah, ini yang paling penting. Bayi yang demam biasanya akan rewel dan lebih nyaman digendong. Sehingga kita sebagai penggendong dapat menjadi stabilisator suhu badan bayi.

sumber : tabloidnova.com


7.       Segera ke dokter jika suhu badan semakin tinggi

Kedokter segera jika suhu badan terus naik. Agar hal-hal yang tidak di inginkan dapat dicegah dan bayi mendapatkan penanganan yang lebih baik dari dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar