Senin, 27 Februari 2012

Berawal dari 50 juta!!

hmmm,,,
Menjadi seorang jurnalis merupakan sesuatu yang menjadi tantangan besar sekaligus proses pembelajaran yang cukup matang!! Teringat ketika saya menulis sebuah tulisan tentang "Jurnalis Didepan Mata", saya berfikir saya akan menjadi sosok jurnalis dimasa depan. Tulisan itu pun menggambarkan bagaimana impian saya untuk menjadi jurnalis masa depan dan kemudian tulisan itu saya kirim ke kabarita sebagai salah satu syarat untuk mengikuti seleksi menjadi murid diperguruan KABARITA. berbulan - bulan saya menunggu hasil dari seleksi ini, kemudian pada bulan desember 2011 saya baru mendapatkan balasan email dari KABARITA dan pengumuman bahwa saya lulus menjadi murid di KABARITA.

wow!!!
dahsyat rasanya saya mengenal Om Yusrizal KW yang menjadi promotor pada Perguran Jurnalistik KABARITA, ini merupakan satu - satu nya komunitas Jurnalis muda di SUMBAR!! ketika awal pertemuan, saya hanya bertemu dengan 5 orang laki - laki. saya berfikir,, apakah di KABARITA hanya 5 orang??dimana dalam info yang didapat bakal dipilh 15 orang terbaik. ternyata banyak dari teman - teman yang tidak bisa datang ketika itu,,,


hampir satu bulan kemudian, seluruh murid di Perguruan Jurnalistik KABARITA berkumpul di Galery Taman Budaya. ketika itu kami sebanyak 28 orang,,,jumlah yang cukup mengejutkan. karena awal saya datang hanya 5 orang dan saya menjadi salah satu yang paling cantik ketika itu (hehhehe). namun tepat pada tanggal 8 Januari 2012, cukup memberikan kesan "wah" bagi saya. saya tidak pernah menyangka akan diajar oleh jurnalis yang cukup mapan!! ketika itu, syaa penuh dengan sikap takkjub dengan komunitas baru ini. didalam hati saya "bagaimanapun kondisinya, saya harus bertahan disini dan akan menjadi sosok jurnalis masa depan", semangat untuk mejadi sosk jurnalis masa depan ini membuat saya terus memotivasi diri. karena kata salah satu dosen saya "motivasi terbersar itu berada didalam diri kita masing - masing".

dari minggu ke minggu kami selalu mendapatkkan tugas yang cukup memberikan kami pelajaran yang sangat berharga, dimana semenjak awal pertemuan kami dikenalkan arti pentingnya konsep 5W+1H dalam sebuah penulisan. sampai hari ini, setiap tugas yang kami buat harus menggunakan konsep tersebut. saya termasuk orang yang kurang Pe-De ketika disuruh untuk membuat tugas dan nanti akan mendapatkan reward. saya selalu saja berharap agar saya mendapatkan reward tersebut, namun disisi lain saya tidak yakin bahwa saya akan mendapatkan reward tersebut.

hmmmm....
pertama kali kejutan yang semakin memotivasi saya untuk selalu tekun belajar menulis adalah ketika saya harus berjuang ngirim tugas yang deadline pengiriman tanggal 1 februari, dimana ketika itu tugas saya belum bisa dikirim - kirim sampai jam 00.05am. entah apa masalahnya,,,, saya sudah takut nech...nanti bakal kena marah sama Om KW. tapi ternyata dan ternyata,,,saya malah mendapatkan hadiah buku karena saya mengumpulkan tugas tersebut!!! bener - bener mendapakan kejutan, karena saya tidak datang ketika ada kesepakatan dari Om KW untuk memberikan hadiah buku kepada murid - murid KABARITA yang buat tugas.

nah,,,kejutan baru juga datang lagi ke saya....
ini rewardnya bukan lagi buku,,,tapi mentahnya buku!!
kami diminta untuk menulis hasil report dari konfrensi pers sedunia sama Dt. Siri Marajo temanya Om KW,,, saya menulis hasil report itu, sesuai sama disiplin ilmu sebenarnya. saya memberi judul tulisan itu "Jangan Malu dengan Identitas Kultural Kita", ketika konfrensi pers sedunia itu kami membahas tentang perilaku remaja saat ini di Kota Padang. menarik memang ketika kita membahas tentang identitas kultural, tanpa kita sadari persoalan ini sudah menjadi pembicaraan serius ditengah - tengah masyarakat kita. tanpa kita sadari kita pun menjadi salah satu media yang ikut serta menggerus budaya kita sendiri.

kembali ke KABARITA!!
Om KW ketika itu menjanjikan kepada kami semua, bahwa tugas report ini akan diseleksi dan diambil 3 orang terbaik yang akan mendapatkan hadiah sebesar 50 JUTA rupiah (versi Om KW). semua murid - murid di KABARITA serentak ketawa.... ngak yakinpada dapat uang 50JUTA karena buat tugas di KABARITA. hehhehe

tapi hal itu memang benar adanya,,,saya menjadi salah satu yang mendapatkan hadiah itu. saya yang awalnya tidak percaya akan menjadi kandidat tulisan terbaik, ternyata ketika Om KW membagikan, beliau menyebutkan nama saya pertama kali.... Hm...... Serasa Mendapatkan Penghargaan NOBEL saja dikala itu. sontak teman - teman bertepuk tangan, dan saya jalan turun tangga berdiri di dekat panggung di gedung teater tertutup taman budaya padang. 50 JUTA berada ditangan saya (hilangkan nol nya 3)!!

BERAWAL DARI 50 JUTA,,,
baru kali ini saya mendapatkan penghargaan sebuah karya yang saya tulis dengan materi,,,
bener - bener semakin membangun spirit untuk terus berjuang didunia jurnalis!!!

semoga saya memang mampu menggali potensi pada bidang ini!!!

50 JUTA akan saya raih pada suatu saat nanti melalui tulisan juga!!!



thanks for Keluarga KABARITA
:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar