Jumat, 10 Februari 2017

Facebook : Ngak sekedar update status dan foto

Bagi ibu-ibu newbie seperti saya jadi kalap mata soal peningkatan kapasitas jadi orang tua. Anak sakit search penyakitnya di mbah google, anak batuk nanya obat digroup FB. Padahal………….mustinya ke Dokter Spesialis Anak ya. Huhuhu

Tapi begitulah jaman sekarang, media sosial seperti dewa segala-gala nya…..( apalah ini :-D )
Ketemu buku-buku parenting pengennya beli, ketemu video-video youtube pengennya tonton dan ketemu info yang ada di FB pengennya baca atau ikuti groupnya. Iya kan??? Sampe-sampe FB nya kebanjiran “Group”. :-D :-D



Agar ngak kebanjiran Group FB, ada nih beberapa Group yang recommended banget buat ibu-ibu newbie…
  1. Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia
Group ini isinya ilmu tentang menyusui. Ternyata banyak banget yang belum kita ketahui soal lika liku menyusui. Kalau soal menyusui lewat payudara aja mungkin hal yang alamiah ya…. Hihihi. Ternyata ada juga yang tidak alamiahnya, kayak saya.  Huhuhu…..


Di group ini kita belajar bagaimana proses pelekatan ketika menyusui, ternyata ada ilmu nya juga loh. Sekalipun anak menyusu hanya dipayudara aja, tetapi proses pelekatan tidak tepat maka berdampak pada “Berat Badan” anak yang tidak naik atau anaknya nagis mulu... giliran anak nagis dibilang berasumsi lah ibunya kalau sianak lapar dan ngak kenyang dengan ASI. Lalu si anak yang masih belum cukup 6 bulan diberikan makan berupa pisang… wowowwww…… Padahal menurut WHO itu tidak boleh loh, salah satu alasannya adalah alat pencernaan anak belum siap untuk menerima makanan. Banyak kasus anak yang diberikan MP-ASI terlalu dini mengalami persoalan pada pencernaan bahkan yang lebih fatal anak meninggal. Serem juga yaaaaaa…….

Di group Asosiasi Ibu Menyususi Indonesia yang disingkat AIMI ini kita juga disuguhkan informasi soal ASIP. Apa itu ASIP???? Air Susu Ibu Perah J J jadi ASI nya diperah buat sidedek bayi. Kasus saya, Baby nya ASIP Ekslusif. Dari umur 5 hari udah dipompa mulu ASI nya, ibu nya mengalami retensi urine abis melahirkan dan musti keluar masuk rumah sakit. Dari pada bawa bayi mondar mandir rumah sakit, biarlah dia dirumah dan ASI nya diperah. Nah, kesalahan saya media pemberian ASIP nya pake DOT. Alhasil sibaby langsung bingung puting eiuy…. Ngak mau lagi dia menyusu ke payudara ibu nya. Nyesel??? Iya lah nyesel!! Kalau saya dari dulu tahu group AIMI mungkin saya udah persiapkan media pemberian ASIP yang lain dan tidak mengakibatkan bingung puting.

Pokok nya banya informasi soal menyusui deh di group itu, termasuk persoalan kenapa ASI ngak keluar-keluar. Terus anak yang ngak mau menyusui langsung ke payudara karena ada masalah di lidahnya. Paket komplit lah ya group itu untuk ibu-ibu yang ingin menambah informasi dan wawasannya soal menyusui. Semangat ASI…. Eh….. ASIP juga loh. :-D :-D

  1. Homemade Healthy Baby Food
Ini group paling keren untuk mencari ilmu soal MP-ASI. Standarnya WHO. Untuk kesehatan anak mah, dari bayi ini dijaga. Pola makanan nya dan asupan yang masuk kategori 4*. Apa itu??

Yuk kepo in aja group nya. Hehehe

Group ini tertutup ya, kita musti request masuk dulu nanti di aprove adminnya. Member groupnya luar biasa banyak 196K. Banyak banget kan….?

Digroup ada file-file yang menjelaskan tentang standar pemberian MP-ASI, jenis makanan yang mengakibatkan bayi sembelit, menu-menu yang sudah dibuat oleh member juga ada.
Yang perlu dicatat, ternyata bayi dibawah 1 tahun itu lebih baik tidak menggunakan gula dan garam apalagi penyedap rasa. Tanya kenapa??? Kebutuhan tubuh baby untuk gula dan garam sudah terpenuhi oleh ASI sebenarnya.  

  1. Indonesian Babywearers
Group ini keceh badai….. intinya group yang memberikan ilmu dalam hal gendong-menggendong. Saya baru melek jenis gendongan disini loh…. Tambah lagi ketika menggendong ada syarat yang musti dipenuhi yaitu M-shape dan C-shape. Apa itu??? Jenis makanan kah atau coklat. Ehggg……… ngak ding. M-Shape adalah posisi kaki baby ketika digendong seperti huruf M. C-shape adalah bentuk tulang punggung alami bayi. Sehingga ketika kita menggendong perlu sekali memperhatikan M-shape dan C-shape, buat apa?? Toh jaman dahulu kala biasa aja gendong dengan Kain Jarik a.k.a “kain panjang”. Dahulu kaki anak sengaja dirapat-rapat kan, katanya agar nanti besar bayi nya ngak ngangkang jalannya. Hihihi……

Ternyata hasil penelitian dan ilmu gendongan, itu hanya MITOS saudara-saudara…. Posisi kaki mengangkang ketika digendong adalah yang terbaik untuk bayi dan bayi musti kudu harus menghadap ke kita sebagai penggendong. TIDAK DIREKOMENDASIKAN bayi ketika digendong menghadap kedepan. Puyengkan???? Diluar kebiasaan yang turun temurun banget kan??

Biasanya akan jadi kontroversi nih di dunia persilatan antara generasi. Hahahahha
Ya sudah selengkapnya klik link dibawah ini aja

  1. Intitut Ibu Profesional
Satu-satunya jurusan yang tidak ada di pendidikan formal adalah jurusan “menjadi orang tua”. Semuanya dipelajari secara natural dan hanya menikmati proses dari orang tua kita sebelumnya. Sekalipun hari ini sudah menjamur kelas-kelas parenting baik secara online maupun offline, juga belum mampu menjawab segala kegamangan ketika pengasuhan anak.
Menurut saya standar baku dalam pengasuhan sehingga semua orang tua akan seragam tidak ada, karena setiap anak adalah unik dan dengan segala kreatifitasnya. Apalagi setiap keluarga berbeda-beda latar belakangnya. Tetapi dalam ilmu parenting ada indikator-indikator untuk pengasuhan yang baik itu seperti apa.

Berat banget ya bahasan diatas. Hehehe :-D

Nah……… kalau ini Fanpage di FB, so pasti topcer banget buat peningkatan kapasitas kita sebagai perempuan mandiri, sebagai ibu dan istri. Ini ada kelas martikulasinya buat kuliah di Institut Ibu Profesional. IIP seingkatannya, faoundernya ibu Septi Peni Wulandari. Seru abis masuk club nya IIP. Berasa menjadi perempuan yang terus menjadikan diri sebagai pembelajar…. Asyyyiiiikkkkk….. berat banget itu bahasanya. Hehehe

Ada 4 jurusan IIP. Dikit banget kan ya???  Tapi tunggu dulu, satu jurusan nya bisa menghabiskan waktu yang lama banget loh…….. kita matrikulasi ada 3 bulan aja. Semoga aja lulus ya dan baru masuk dimasing-masing jurusannya. Hihihi

Pengen ikutan ya, ngapain aja di IIP?
Nagkring aja di Fanpege IIP nya. Soalnya susah banget menuliskan aliran rasa soal IIP. Ngak terungkap oleh kata-kata. Semuanya adalah proses, proses membangun rumah tangga, proses melahirkan peradaban baru, proses mencetak generasi masa depan dan proses pendewasaan.

  1. ODOPfor99days 2017
Ini rekomendasi saya buat temen-temen yang hoby menulis. Group ODOPfor99days 2017 ini isi nya perempuan yang mau belajar dan konsisten buat nulis. Namanya aja ODOP kalau dipanjangkan jadi One Day One Posting. Mau posting di FB atau di blog atau dimana aja boleh, syaratnya minimal 100kata per posting. Nanti setor link postingannya ke group. Terus kita yang konsisten nulis bisa masuk group WA juga loh. Buat perdalam ilmu kepenulisan. Hehehe

Terus setiap jum’at kita juga diminta setoran buku yang dibaca di minggu ini. Wah….. musti rajin baca ya?? Iya…. Minimal baca artikel di minggu itu dan linknya di setor lagi di group. Kalau baca buku perminggu, malah lebih bagus.

Seru banget lah pokok nya, apalagi saya yang pengen banget punya buku sendiri. Pengen nulis buku yang kayak Negri 5 Menara nya A. Fuadi, beliau kan orang minang ya. Jadi bikin semangat loh…. Aduh…. Kok saya jadi bawa-bawa suku yah. Hihihi….
Pengen belajar lebih jauh gabung aja di groupnya yaaa

untuk group-group lain juga banyak kok….. mungkin ada yang hobby masak, bikin kerajinan, jahit-menjahit, parenting, dll. Tinggal kita pintar-pintar berselancar di FB aja kan ya….


Oiya….. saya juga pernah belajar TOEFL gratisnya Budi Waluyo di group FB. So….. FB ngak hanya sekedar buat update status dan foto doank kan….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar