Sabtu, 21 Januari 2012

KABARITA : PERGURUAN BARU BAGI MAHASISWA DAN PELAJAR


Kabarita merupakan suatu wadah yang menampung potensi – potensi generasi muda sumatera barat dalam bidang jurnalistik. Perguruan jurnalistik kabarita, merupakan perguruan yang baru dibentuk di kota padang oleh Yusrizal KW. Om KW sapaan akrabnya, dia adalah salah seorang jurnalis yang cukup handal di Sumatera Barat. Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan pada tanggal 8 januari 2012 yang bertempat di Gallery Taman Budaya, Padang. Kegiatan pertama ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Dalam acara perdana ini, kegiatan dimulai dengan sesi perkenalan dan pemberian motivasi kepada peserta oleh Om KW. Sesi satu muali pukul 09.00 WIB selesai pada pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB sampai 17.00 WIB oleh mantan Ketua AJI Sumatera Barat Bapak Syofiardi Bachyul JB dengan materi Teknik Penulisan Berita.  


reedmore>>
Menurut Om KW, Perguruan Jurnalistik Kabarita dibentuk karena terjadinya krisis sumberdaya manusia yang berkualitas dalam dunia kewartawanan Sumatera Barat hari ini. Generasi muda yang begitu banyak dengan berbagai potensi yang mereka miliki juga belum tergarap dengan baik, beranjak dari situasi yang demikian Om KW mendirikan perguruan jurnalistik kabarita untuk generasi muda dalam mengasah potensi didunia jurnalistik.
Perguruan jurnalistik ini terdiri atas pelajar dan mahasiswa yang tertarik dengan dunia jurnalis. Semua orang berpeluang dan memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga kabarita ini. Namun dalam kesempatan awal ini, perguruan jurnalistik kabarita terdiri dari 28 peserta. Peserta dalam tahapan awal ini, merupakan hasil seleksi yang diselenggarakan oleh tim kabarita. Dari 40 orang yang mendaftar, yang lulus seleksi hanya 28 orang. Peserta ini berasal dari berbagai sekolah dan universitas yang ada di Sumatera Barat, diantara nya SMA 3 Padang, SMA 2 padang, SMA 1 Solok, Universitas Andalas, Universitas Negri Padang, Universitas Putra Indonesia, Universitas Bung Hatta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negri Jambek Bukittinggi. Peserta yang dari kalangan pelajar 12 orang dan merupakan jurnalis yang telah beraktifitas di inioke.com dan 16 orang dari mahasiswa. Peserta yang hadir dalam pertemuan pertama ini didominasi oleh perempuan dimana jumlah peserta perempuan 21 orang dan 7 orang laki-laki.  
Semua peserta yang termasuk dalam perguruan jurnalistik kabarita bisa menikmati kegiatan ini sampai enam bulan kedepan. Menurut Om KW, dalam proses ini semua peserta harus selalu meningkatkan kualitas diri terutama untuk membaca dan menulis. Perguruan jurnalistik kabarita menjadi komunitas baru bagi mahasiswa dan pelajar dalam mengasah potensi menulis mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar